Selasa, 08 Januari 2019

Catatan Sekilas Pendaftaran Beasiswa LPDP Luar Negeri



CATATAN SEKILAS MENGENAI 
PENDAFTARAN BEASISWA LPDP-LUAR NEGERI
''RENCANA STUDI''

Nama Saya Eko Aryono, S.IP. Alumni Universitas Hasanuddin. Saya berencana melanjutkan studi pascasarjana di Luar Negeri, utamanya di Negara Inggris, kampus University Of Cambridge. Di kampus ini saya memilih studi International Relations and Politics MPhil yang merupakan salah-satu studi pascasarjana di Fakultas Departement of Politics and International Studies (POLIS). Saya memilih studi ini, karena memiliki korelasi erat dengan studi yang sebelumnya saya geluti, yakni Ilmu Politik-Pemerintahan. Dan studi International Relations and Politics MPhil, memiliki sistem pembelajaran yang cukup praktis dengan multidisiplin dengan cakupan yang meluas.
Metode pengajarannya kebanyakan diambil dalam bentuk ceramah dan seminar dengan landasan teori pada aspek politik, sejarah, ekonomi, hukum serta berbagai studi regional dan daerah. Terlebih lagi studi ini dapat membekali siswanya dengan pemahaman akan pentingnya kontribusi khusus pada pendekatan hubungan international dan politik, diantaranya, yakni teori International, politik international, ekonomi politik international, kebijakan luar negeri dan studi keamanan, hukum international dan sejarah hubungan internasional.
 Hasil gambar untuk beasiswa lpdp 2018

Atas dasar itulah, saya menargetkan kuliah penuh, dengan alokasi sepuluh bulan, sesuai dengan yang ditawarkan oleh Departemen Politik dan Studi Internasional (POLIS). Hal ini didasari, mengingat bahwa diantara program pascasarjana dalam hubungan internasional dan politik di univeritas-universitas Inggris, MPhil Cambridge, kebanyakan lebih mengembangkan pandangan kritis dan kontribusi siswa terhadap studi hubungan internasional, politik dan disiplin ilmu sosial lainnya yang terkait, serta sekaligus menguji kemampuan, baik dalam bentuk metode ilmiah/ metode penelitian ilmu sosial (SSRMC), teknik penelitian, argumentasi dan gaya presentasi siswa selama menekuni jenjang pendidikan. Sehingga saya berkesempatan untuk dapat menekuni jenjang pendidikan diluar negeri, dengan motivasi dalam pendalaman dan pengembangan ilmu lanjutan dari ilmu politik-pemerintahan.
Adapun beberapa mata kuliah dalam bidang studi International Relations and Politics MPhil, yang saya ketahui, yakni:
-       Uni Eropa: Krisis dan tantangan,
-       Politik afrika
-       Politik timur tengah dan afrika utara
-       Teori hubungan internasional
-       Hukum konstitusi international
-       Perbandingan politik agama,
-       Strategi besar: inggris, eropa dan kekuatan dunia,
Serta adapun, beberapa kursus/ mata kuliah yang akan saya ambil baik yang kursus wajib, seperti pada bidang metode dan desain penelitian yang dapat berguna dalam memberikan pengenalan tingkat pascasarjana terkhusus pada penelitian empiris dan politik-studi internasional, maupun pada kursus pilihan.
Selama menekuni pendidikan di University of Cambridge, saya pun berencana untuk magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia di London Inggris agar lebih memahami hubungan diplomatik dan arah kebijakan politik luar negeri, baik pemerintah Indonesia maupun kerajaan Inggris sesuai dengan kaitannya pada studi politik-hubungan internasional. Hal ini berefek pula dan punya keterkaitan erat dengan cita-cita yang saya impikan, yakni ingin mengabdikan diri di Kedutaan Besar Republik Indonesia, dibawah Kementrian Luar Negeri. Sehingga dari kegiatan magang ini, menjadi pembelajaran dan pendidikan awal saya, baik pada aspek teori maupun aspek praktek yang dapat mendukung prospek saya kedepannya. Selain itu pula saya berencana melakukan kajian penelitian untuk meneliti, baik yang menyangkut tentang kebijakan luar negeri dari Kerajaan Inggris maupun arah politik dari Dewan Perwakilannya (House Of Commons), Partai Buruh dan Partai Konservatif. Hal ini mengingat bahwa sistem pemerintahan yang dianut oleh Kerajaan Inggris merupakan Sistem Pemerintahan Parlementer, dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional.
Mengacu pada bentuk pemerintahan kerajaan inggris pada monarki konstitusional, maka saya berkeinginan untuk mengambil penelitian tesis mengenai arah kebijakan pemerintahannya  pada aspek pengembangan wilayah pesisir. Hal ini didasari, mengingat pembangunan pemerintahan kerajaan inggris dan Negara-negara britania raya lainnya, sebagian besar pada pengembangan laut dan wilayah pesisir. Sehingga dari kebijakan ini, saya berkeinginan untuk meneliti pelaksanaan dan kebermanfaatan dari kebijakan tersebut. Apalagi jika melihat letak geografis wilayah laut dan pesisir kerajaan inggris yang berbatasan langsung dengan beberapa Negara lainnya, seperti Norwegia, Laut Utara yang berbatasan langsung dengan Denmark, Jerman, Francis, Irlandia dan Negara-negara lainnya. Sehingga pembangunan wilayah laut dan pesisir sangatlah penting dan menjadi titik fokus pada pengembangan Rising Powers, Pusat Pemerintahan dan Hak Asasi Manusia. Dan penelitian tesis ini pula sangatlah berkaitan erat dengan penelitian skripsi yang sudah saya lakukan, yakni Pelaksanaan dan pengembangan kebijakan Pemerintah Daerah Kota Palopo pada sektor wilayah pesisir. sehingga kedepan jika ini berhasil dan saya telah lulus dari studi pascasarjana  International Relations and Politics MPhil diUniversity Of Cambridge, maka saya berkeinginan untuk menjadi seorang ahli atau pakar yang memahami akan pentingnya kebijakan politik luar negeri dan kebijakan pemerintahan pada sektor wilayah laut dan pesisir.

Walaikum Salam, Wr.wb
Salam Hangat,
Eko Aryono, S.IP






1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years more and weigh on average 19 KG lighter than we do.

    (By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING around "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    TAP on this link to uncover if this quick test can help you release your real weight loss potential

    BalasHapus